BusanafashionmurahBusanafashionmurah
Materi Teknik mesin ini diambil dari berbagai sumber secara umum.

Sabtu, 30 Oktober 2010

Dasar-dasar pneumatik

Dasar-dasar pneumatik
Setiap hari kita menemui berbagai jenis alat yang bekerja berdasarkan sistem udara yang dimampatkan. Dalam bidang industri, komponen-komponen pneumatik bisa digunakan dalam sistem-sistem otomatisasi dan pada berbagai proses produksi. Komponen-komponen tersebutmemungkinkan dilakukannya otomatisasi pada proses-proses produksi sepertipengolahan bahan, pembuatan komponen mesin, pemasangan, dan pengepakan.
Beberapa keunggulandalam pemakaian komponen pneumatik, yaitu:
(a)   Fluida kerja yang digunakan berupa udara yang mudah diperoleh karena jumlahnya tak terhingga.
(b)      Udara bertekanan sangat mudah dipindahkan melalui pipa saluran sampai jarak yangf jauh dan juga tidak diperlukan adanya saluran-saluran balik.
(c)       Penyimpanan sangat mudah sebab udara bertekanan dari kompresor dapat disimpan dalam tabung (tangki), sehingga kompresor tidak perlu bekerja terus menerus.
(d)      Udara bertekanan relatiftidak peka terhadap perubahan temperatur, hal ini akan menjamin pengoperasian yang handal.
(e)      Tahan ledakan dan kebakaran, sebab udara bertekanan tidak mengandung resiko terbakar atau meledak
(f)        Bersih dan kering, sebabudara bertekanan tanpa lubrikasi adalah bersih. Meskipun ada yang keluar akibat kebocoran pipa, tidak akan menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan. Hal ini penting sekali terutama bagi industri makanan,minuman, obat-obatan, danlain-lainm.
(g)      Konstruksinya sederhana, sehingga perawatannya mudah.
(h)      Dapat digunakan untuk kecepatan kerja tinggi, sebab udara bertekanan merupakan media kerja yang cepat, sehingga kecepatan kerja tinggi.
Disamping memiliki banyak keunggulan, instalasi pneumatik juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain:
(a)     Pengadaan udara bertekanan harus bersih dari partikel debu dan kondensasi untuk mencegah terjadinya keausan dari komponen pneumatik.
(b)    Udara bertekanan hnaya efisien untukkebutuhan gaya tertentu, yaitu sampai 30.000 newton pada tekanan normal, yaitu sebesar4-8 bar.
(c)     Udara bertekanan mampu dimampatkan, sehingga sukar untuk mendapatkan kecepatan konstan dan teratur.
(d)    Udara buangan dapat menimbulkan suara yang bising, tetapi masalah ini sekarang dapat diatasi dengan peredam suara yang dipasang pada saluran pembuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar