BusanafashionmurahBusanafashionmurah
Materi Teknik mesin ini diambil dari berbagai sumber secara umum.

Sabtu, 23 Oktober 2010

Identifikasi Plastik


Plastik merupakan kebutuhan utama manusia yang merupakan salah satu kebutuhan pokok. Karena hampir setiap hari kita menggunakan plastik, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai missal penggunaan secara langsung adalah kantong plastic, gelas plastic, ember, dan lain-lain sedangkan penggunaan secara tidak langsung adalah casing elektronik, aksesoris kendaraan bermotor,hiasan dinding dan lain-lain.

                Sehingga sebagai seorang teknik kita harus mengenal jenis-jenis plastic baik secara fisik maupun secara percobaan. Karena plastic sangat penting bagi seorang teknik mesin yang yang nantinya akan bisa menggantikan logam. Dengan mengenal jenis dan sifat plastic maka kita akan lebih mudah untuk merencanakan alat-alat yang terbuat dari plastic. Jika kita tidak mengetahui jenis dan sifat plastic maka kita akan salah dalam  menentukan bahan plastic apa yang cocok untuk komponen yang akan dibuat, sehinggga kita dapat menentukan bahan dasar untuk komponen tersebut. Dalam merencanakan suatu komponen pertama kali yang kita tentuka adalah fungsi dari komponen itu, apakah perlu kelenturan atau tidak apakah perlu penampakan yang bagus atua tidak sehingga kita dapat memilih bahan yang sesuai.

          Identifikasi Plastik adalah upaya untuk mengetahui karakteristik dari plastik seperti nyala api, hasil lelehan, bahu, kekakuan, wrna bahan baku dan sebagainya. Plastik termasuk bahan tiruan yang dibuat secara sintesis dan tersusun dari makro molekul yaitu molekul-molekul raksasa yang susunanya menyerupai rantai. Panjang makro molekul kira-kira 10-6 dan 10-3 mm dan tebal 10-7 mm. banyaknya jenis plastik  disebabkan oleh banyaknya komponen dasar dan perbedaan jenis timbunan satu sama lain.
                        Plastik sangat membantu untuk pembuatan bentuk yang sulit  yang dilaksanakan secara cepat dan berulang-ulang yang mungkin memerlukan perakitan dengan komponen lain. Karena beratnya yang ringan maka penggunaan plastic sangat menguntungkan. Keuntungan dari pengggunaan plastic adalah :
·         Masa jenisnya yang rendah 0,9 – 2,2 Kg/dm3
·         Tahan terhadap arus listrik dan panas
·         Tahan terhadap korosi kimia
·         Mempunyai permukaan dan penampakan yang baik dan mudah diwarnai
·         Mudah dibuat dengan cetakan tekan dengan biaya pemanasan yang rendah
Kerugian dari penggunaan plastic adalah :
·         Modulus elastisitasnya rendah
·         Mudah retak pada suhu kamar
·         Thermal expansinya tinggi
·         Daya penyerapan airnya sangat tinggi
·         Mudah patah dan retak dengan suasana tekanaan
Menurut sifat dari pemanasan plastik kita dapat kelompokan menjadi 3 jenis yaitu :
·         Plastik fleksible atau disebut termoplasc yaitu plastik yang dengan naiknya temperature plastik akan menjadi lunak, plastik ini biasanya dapat didaur ulang.
·         Plastik elastis atau disebut elastomer yaitu plastik yang seperti karet.
·         Plastik keras atau disebut thermoset yaitu plastik setelah dipanaskan pada tekanan tertentu menjadi keras, tidak bisa leleh dan mencair kembali biasanya plastik jenis ini tidak bisa didaur ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar