BusanafashionmurahBusanafashionmurah
Materi Teknik mesin ini diambil dari berbagai sumber secara umum.

Sabtu, 23 Oktober 2010

Pelapisan logam

 DASAR TEORI

Sejak Arhenius mengemukakan adanya hubungan antara zat dan listrik, serta pengukuhan dugaan ini oleh faraday dengan percobaan - percobaan elektrolisa, lahirlah ilmu yang merupakan campuran antara ilmu kimia dan listrik. Ilmu ini dinamakan ilmu elektrokimia. Salah satu penggunaa dalam industri adalah galvanoteknik. Galvanoteknik adalah pelapisan logam pada benda yang terbuat dari logam/benda yang terbuat dari bahan konduktif, dengan maksud sebagai hiasan maupun perbaikan mutu.
Lapis listrik adalah suatu proses pelapisan logam (pada umumnya) di atas logam besar. Tujuan dari pelapisan ini adalah untuk membuat benda lebih menarik (dekoratif), melindungi logam yang dilapisi dari bahaya korosi, memperkeras komponen - komponen yang aus. Lapis listrik termasuk dalam proses yang secara umum disebut proses elektrolisa. Biasanya elektrolisa dilakukan dalam suatu bejana yang disebut sel elektrolisa yang berisi cairan elektrolit. Pada cairan ini tercelup paling tidak 2 elektroda. Masing - masing elektroda dihubungkan arus listrik yang terbagi menjadi kutub positif, disebut anoda (+) dan katoda (-).
Dalam proses elektrolisa, kondisi yang perlu diperhatikan adalah temperatur, rapat arus, waktu, komposisi larutan elektrolisa, dan pengadukan. Kondisi ini berpengaruh terhadap mutu dari pelapisan dan pemilihan kondisi operasi tergantung dari tujuan pelapisan.  
Dalam industri logam, kualitas dan harga dari suatu logam ditentukan dari proses pembuatan logam tersebut. Misalnya dalam industri penyepuhan untuk menigkatkan kualitas suatu logam perlu dipadukan dengan logam lain untuk mendapatkan suatu logam yang bermutu. Salah satu contohnya adalah pelapisan. Pada laporan ini akan dibahas lebih khusus mengenai pelapisan logam ST 37 dengan Cu, Ni dan Cr.
Untuk melapisi besi dengan Cu, Ni dan Cr perlu diperhatikan beberapa hal, antara lain:
a.      Logam  besi memiliki tingkat keaktifan yang lebih tinggi dibandingkan Cu, Ni dan Cr.
b.      Cu, Ni dan Cr adalah salah satu elemen dalam pembuatan baja yang ditambahkan untuk meningkatkan kekerasan, kekuatan dan ketahanan terhadap aus dan perubahan lingkungan.

1 komentar:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover

    BalasHapus