BusanafashionmurahBusanafashionmurah
Materi Teknik mesin ini diambil dari berbagai sumber secara umum.

Sabtu, 23 Oktober 2010

Uji kekerasan

Kekerasan dapat didefinisikan sebagai ketahanan terhadap penetrasi, indentasi atau abrasi. Beberapa cara pengujian kekerasan yang umum digunakan yaitu : metode Brinel, Rockwell, dan Vickers. Nilai kekerasan berkaitan erat dengan kekuatan tarik suatu logam, karena selama penetrasi logam mengalami deformasi plastis sehingga mengalami regangan. Kekerasan sebanding dengan kekuatan, artinya kekerasan akan naik dengan naiknya kekuatan. Terdapat hubungan empirik antara kekerasan dengan kekuatan sebagai berikut :
a.      Untuk baja karbon
UTS = 0,36 BHN (kg/mm²)
UTS = 500 BHN (Psi)
b.      Untuk baja paduan :
UTS = 0,34 BHN (kg/mm²)

 METODE BRINELL
Pengujian kekerasan dengan metode Brinell menggunakan bola baja yang dikeraskan sebagai penetrator dengan diameter D = 0,625 s/d 10 mm dan beban penekanan standar P = 0,977 s/d 3000 kgf, dengan lama penekanan 15 sampai dengan 20 detik. Angka kekerasan bahan uji ialah beban penekanan P dibagi dengan luas permukaan lekukan bekas penekanan berdiameter d. 

METODE ROCKWEL
  Dalam metoda ini penetrator di tekan ke dalam benda uji. Kedalaman bekaspenekanan memberikan harga kekerasan atau tepatnya perbedaan kedalaman yang didapat dari beban mayor dan minor menunjukkan kekerasan rockwell. Karena hasilnya secara langsung dapat dibaca pada jam penunjuk (dial) maka metoda ini sangat praktis dan cocok untuk pengujian masal. Penetrator dapat berupa bola baja diameter 1/16 (inchi) dengan pembebanan 100 (kgf) atau kerucut intan bersudut 2100 dengan pembebanan 150 (kgf).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar